10 Jenis Minuman Penurun Kolesterol Alami

Photo of author

By Admin Jurnal Kit

Pada tubuh, ada beberapa model kolesterol, namun tak semuanya memiliki risiko. Tubuh anda  membutuhkan kolesterol tersendiri untuk membangun selubung saraf dan membran sel. Sebetulnya, kasus inti kolesterol tidak senyawa didalamnya, namun lebih ke beda jumlah kolesterolnya. Ada dua macam kolesterol yang cukup pengaruhi kesehatan badan, yaitu high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik dan low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat.

10 Jenis Minuman Penurun Kolesterol Alami

Kolesterol LDL sebetulnya dibuat badan dengan natural, namun kalau kita gak mengaplikasikan lifestyle sehat, jumlah LDL dapat bertambah dan menimbulkan berbagai penyakit beresiko. Satu orang yang merasakan tanda-tanda kolesterol bakal menunjukkan sinyal tanda seperti nyeri kaki, capek, nyeri dada, dan muncul warna kekuningan di kulit. Jika persentase LDL dalam tubuh semakin banyak, maka harus diturunkan dengan teratur dengan minuman penurun kolesterol. Apa saja minuman yang bisa digunakan untuk menurunkan kolesterol jahat ini? 

  • Teh Serai 

Minuman untuk menurunkan kolesterol ini mempunyai kandungan antihiperlipidemia dan anti-hiperkolesterolemia yang bisa melancarkan saluran darah ke seluruh tubuh. Dengan rutin meminum teh serai dapat membantu meminimalkan dampak penyakit jantung dan hipertensi yang bisa menyerang siapa saja.

  • Teh Hijau

Sesuai sama teh herbal yang lain, teh hijau bisa juga turunkan persentase kolesterol jahat sampai 2,19 mg/dL. Meskipun dapat turunkan LDL, sayang teh hijau gak dapat menambah persentase kolesterol baik di badanmu. Supaya bisa rasakan resiko minuman penurun kolesterol dan asam urat ini, lebih baiknya konsumsi teratur sepanjang sejumlah minggu maksimum dua cangkir satu hari.

  • Air Timun

Minuman penurun kolesterol alami ini mempunyai kandungan potasium dan antioksidan yang dapat menurunkan persentase kolesterol yang memicu penyakit degeneratif. Timun dapat disantap dengan jadikan es buah atau infused water.

  • Kunyit Asam 

Minuman herbal penurun kolesterol ini bisa turunkan LDL sampai 33 persen jika dikonsumsi sejumlah 500 gram per harinya sepanjang 1 minggu. Bahkan, dalam 1 minggu persentase kolesterol baik akan juga bertambah sejumlah 29 persen.

  • Susu Kedelai 

Kedelai berasal dari tanaman polong-polongan. Oleh karena itu, susu kedelai bisa digunakan menjadi minuman penurun kolesterol cepat yang aman dikonsumsi. Bahkan dalam penelitian menyebutkan bahwa susu kedelai dapat turunkan LDL dan menambah HDL dengan cepat.

  • Jus Alpukat 

Dalam buah alpukat, ada kandungan lemak gak bosan dan serat yang dapat turunkan kolesterol jahat dan menambah persentase kolesterol baik. Jika kamu mengharapkan pengurangan kolesterol yang bisa lebih cepat, alpukat bisa juga dicampurkan bersama air rebusan daun salam yang telah didinginkan.

  • Jus Belimbing

Salah satu manfaat jus belimbing Tidak hanya dapat menurunkan berat badan, kandungan vitamin C dalam jus belimbing juga cukup memiliki pengaruh yang baik untuk mengontrol kadar kolesterol berlebihan. Jus belimbing bisa disantap plus tambah air temulawak dan perasan jeruk nipis agar lebih efisien kapasitas dan komposisinya.

  • Jus Anggur

Buah anggur memiliki kandungan gizi yang dapat menurunkan persentase kolesterol jahat dan mengontrol kolesterol baik agar lebih seimbang. Sangat dianjurkan untuk minum jus anggur kurang lebih 177 sampai 470 cc setiap hari untuk mendapatkan manfaat dari jus anggur ini.. Tetapi akan lebih baik lagi jika jus anggur tidak ditambah gula atau pemanis lain.

  • Jus Buah Beri

Bluberi dan stroberi adalah buah penurun kolesterol yang sebetulnya dapat langsung dikonsumsi tiada penting dijus. Kandungan antioksidan dalam beri-berian ini bisa mengawasi kesetimbangan persentase kolesterol hingga aman disantap menjadi tindak penjagaan. Mau bikin jus berikan, persiapkan semasing 12 buah stroberi dan bluberi lalu jus plus tambah air dan es batu.

  • Jus Delima

Jus delima miliki kandung antioksidan 3x lebih banyak dibandingkan teh hijau. Karena kandungan ini, jus delima kerap digunakan untuk kurangi pengurangan kolesterol jahat dan melindungi kesehatan jantung. Agar delima tidak terasa lebih asam, buah ini bisa digabung dengan apel saat dibuat jus nantinya.

Dalam keadaan yang normal, kadar  kolesterol keseluruhan yang disarankan yaitu di bawah 200 mg/dL untuk LDL, HDL, dan kolesterol lain. Karena sifatnya yang jahat, LDL lebih baik ada pada tingkat rendah atau dapat diterima badan, yaitu kurang dari 100 mg/dL. Nah, tingkat batasan toleransi LDL yaitu 100 – 129 mg/dL. Jika LDL lebih pada itu, maka kolesterol jahat bisa menambah dampak penyakit. 

Meskipun dapat memakai obat menurunkan kolesterol, namun mengaplikasikan gaya hidup sehat lebih disarankan. Tentunya dilengkapi dengan mengkonsumsi minuman penurun kolesterol di atas. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kesehatan kamu semuanya.

Leave a Comment