Awas! 6 Kebiasaan Ini Bikin Kasur Jadi Cepat Rusak

Photo of author

By Admin Jurnal Kit

Kasur tentunya jadi furniture yang wajib ada di dalam rumah. Dengan hadirnya kasur kita bisa beristirahat dengan nyaman dan gak bikin badan pegal-pegal. Investasi kasur dengan kualitas baik akan membuat waktu istirahat makin berkualitas serta bikin kesehatan tulang belakang terjaga dengan baik. Usia kasur pada umumnya berkisar lima hingga sepuluh tahun, namun itu semua tidak menjamin keawetan pada kasur. Itu tergantung dari penggunaan dan perawatan yang diberikan. 

Untuk meminimalisir kasur cepat rusak, sebaiknya kenali dulu kebiasan-kebiasan yang membuat kasur jadi cepat rusak. Perhatikan dengan baik agar kasur atau matras milikmu bisa digunakan dalam jangka waktu panjang.  

  • Berdiri dan Melompat di Kasur

Sumber: pinterest.com 

Terkesan sepele, tapi berdiri di atas kasur bahkan sampai melompat-lompat bisa berakibat fatal pada kualitas kasur. Bukan cuma si kecil saja yang perlu diingatkan, kamu dan anggota keluarga di rumah juga perlu saling mengingatkan. Seringkali kita lalai dengan berdiri berlama-lama di atas matras buat keperluan seperti memasang jam dinding atau sekedar untuk membersihkan langit-langit kamar. 

  • Kurangnya Pencahayaan Alami

Sumber: pinterest.com 

Kasur juga butuh pencahayaan alami yang cukup buat mengangkat kotoran yang sebelumnya tidak dijangkau oleh alat penyedot debu. Kasur yang diberikan pencahayaan sinar matahari dengan cukup dapat membantu menghilangkan bau dan mengatur kelembaban debu supaya terhindar dari kutu kasur. Jika kamar kamu tidak memungkinkan untuk mendapatkan cahaya matahari langsung, lakukan cara alternatif dengan menjemur kasur di bawah sinar matahari. Bau apek pada kasur dijamin bisa hilang jika rutin menjemur kasur.

  • Jarang Mencuci Bed Cover atau Sprei

Sumber: pinterest.com 

Remahan makanan, rambut yang rontok, hingga kulit tubuh yang menghasilkan keringat yang menempel di kasur bisa menjadi bakteri kotor di sprei atau bed cover. Berbagai penyakit pun bisa datang jika bedcover atau sprei jarang dicuci. Untuk itu, rutinlah mengganti bedcover atau sprei minimal sekali dua minggu, lalu cuci dengan bersih. 

  • Tidak Memakai Lapisan Matras

Sumber: pinterest.com 

Mengingat harga kasur busa tidak terbilang murah, penting untuk kamu memberikan perawatan dengan baik. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan lapisan matras. Jika kasur tidak dilengkapi dengan lapisan pelindung, matras milikmu bisa lebih cepat rusak akibat lembab, debu, dan sebagainya. Oleh karena itu, jika ingin kasur awet, sebaiknya berikan lapisan matras. Jangan lupa juga buat memberikan perawatan pada lapisan matras dengan rutin dicuci minimal 2-3 kali setahun. Kini banyak produsen yang menciptakan lapisan matras yang lebih empuk dan nyaman.

  • Membiarkan Hewan Peliharaan Berada Di Atas Kasur

Sumber: pinterest.com 

Bagi beberapa orang yang punya hewan peliharaan hal ini mungkin sulit dihindari. Walau terkesan nyaman dan hangat, tapi membiarkan hewan peliharaan berada di atas ranjang kasur juga sangat rentan menyebarkan kotoran dan bakteri pada matras. Tak hanya itu, kamu juga harus memikirkan bagaimana repotnya jika mereka buang air kecil atau besar sembarangan di matras. 

  • Pakai Seprai yang Menjuntai ke Bawah

Sumber: pinterest.com 

Seprai dengan model yang menjuntai ke bawah memang memberikan kesan mewah dan feminim pada tampilan kamar tidur. Tapi dibalik itu, sprei menggantung dapat mengundang debu, kotoran, rambut peliharaan serta hama lainnya merambat ke kasur hingga bikin kasur jadi kotor. 

Memilih kasur dengan kualitas baik tentunya juga menjamin keawetan barang itu sendiri. Merk kasur busa yang dikenal memiliki kualitas terbaik dan bikin nyaman adalah Inoac dan Royal Foam. Harga kasur busa Inoac dan Royal Foam sangat bervariasi. Kedua merk kasur ini selalu menjadi pilihan banyak orang untuk furniture di rumahnya. 

Kini sudah tahu kan kebiasaan-kebiasaan apa saja yang bisa membuat kasur cepat rusak?

Leave a Comment