Browser Android Ringan yang Tak Bikin Berat Smartphone Kamu

Photo of author

By Admin Jurnal Kit

Zaman sekarang mana ada orang yang tidak pegang smartphone. Dari Android hingga iPhone dengan berbagai macam tipe dan harga sudah banyak pula beredar di pasaran dan bisa kamu jadikan pilihan. Fakta yang tak bisa dipungkiri, dunia saat ini memang diserbu smartphone yang makin canggih. Untuk melengkapi kinerja smartphone, kamu butuh browser android ringan yang tak bikin berat kerja smartphonemu.

Browser Android Ringan yang Tak Bikin Berat Smartphone Kamu

Tiap smartphone pasti setidaknya digunakan untuk browsing alias berselancar di dunia maya. Tiap smartphone rata-rata juga sudah menyediakan web browser bawaan untuk penggunanya. Sayangnya, banyak yang merasa tak puas dengan browser bawaan yang disematkan di smartphone.

Alasan ketidakpuasannya pun beragam. Namun rata-rata, banyak yang mengaku kalau browser bawaan justru membuat smartphone jadi lemot saat digunakan untuk browsing. Dampak buruk berikutnya, membuat paket data jadi makin boros. Akhirnya sebagai solusi, kebanyakan orang memilih menggunakan browser lain dari penyedia aplikasi pihak ketiga daripada mengorbankan waktu browsing di smartphone yang lemot dan lambat kerjanya.

Nah, ada beberapa browser android ringan yang nyaman digunakan. Istimewanya lagi, beberapa brwoser ini tak menyedot RAM di smartphone dan juga tidak menghabiskan paket data. Ini daftar nama browser Android ringan yang bisa dijadikan referensi buat kamu:

1. Puffin Browser

Nama Puffin Browser mungkin terdengar asing di telingamu. Tapi asal tahu saja, browser ini punya kemampuan untuk menghemat data sampai 60%. Bisa dibayangkan kan, betapa hematnya kuota internet yang nanti akan kamu habiskan. Sebab, ukuran Puffin Browser sangat hemat dan tak makan memori internal dari smartphone milik kamu.

Ada yang unik dari browser ini, yaitu fitur shake. Cara kerjanya, ketika kamu menggunakan browser ini untuk googling foto, Puffin Browser akan mencarikan foto dengan thumbnail kecil sehingga kamu hemat data. Tapi kalau kamu ingin dapat gambar yang berkualitas bagus, kamu tinggal shake atau menggoyangkan smartphone milikmu hingga mendapatkan gambar dengan kualitas asli.

2. UC Browser

UC Browser boleh dibilang jadi favorit dan jadi ‘raja’ untuk browser Android yang ringan. Kalau dulu orang kerap menggunakan Opera Mini untuk menghemat data saat browsing, kini orang-orang justru berlari ke UC Brwoser.

Keistimewaan dari UC Browser ini tak akan membuat samrtphone lemot, apalagi panas, saat digunakan berselancar di internet. Jadi, kalau kamu sering menemukan iklan saat browsing, di UC Browser kamu tak akan menemukannya. Alasannya, karena UC Browser sudah dibekali dengan Ad Blocks bawaan. Ketika browser bawaan lainnya membuat kuota internet cepat tipis, UC Browser memiliki fitur pendukung yang tak akan menyedot paket datamu besar-besaran.

3. Opera Mini

Bagaimanapun juga popularitas dari Opera Mini tak terelakkan. Banyak orang yang jatuh hati dengan Opera Mini sejak zaman dulu. Namun sayang, kini popularitasnya kian merosot gara-gara sudah banyak browser android lainnya akibat berkembangnya teknologi smartphone yang makin canggih. Keunggulan lain dari Opera Mini, tampilannya oke dan user friendly.

4. CM Browser

Tahukah kamu, berapa size dari CM Brwoser? Kurang dari 5 MB saja. Kecil banget ya. Tampilan browser yang sangat sederhana membuat browser ini ringan untuk dijalankan. Saking kecilnya CM Browser ‘memakan’ tempat di RAM, kalau smartphonemu punya RAM di bawah 1 GB pun tetap terasa enteng.

Hanya saja, CM Browser belum punya penangkal Ad Block bawaan sehingga ketika kamu menggunakan browser ini maka akan sering menerima iklan berlalu lalang dan kerap membuat browsing jadi lemot.

Bagaimana, sudah menentukan pilihan mau pakai browser yang mana untuk Androidmu?

Leave a Comment