5 Tips Sukses Saat Wawancara Kerja

Photo of author

By Admin Jurnal Kit

Bagaimana hasil wawancara kerja terakhir kamu? Tentunya tidak semua orang bisa sukses saat menghadapi wawancara kerja. Banyak orang yang tidak mampu tampil percaya diri saat menghadapi wawancara kerja yang seharusnya jadi penentu masa depan karirnya. Bagaimanapun juga tahap wawancara kerja ini merupakan bagian penting dari serangkaian proses panjang untuk menetapkan siapa yang layak menjadi bagian dari perusahaan. Bukan hanya nilai baik dalam test kemampuan dan bakat yang berperan saat kita mengajukan diri sebagai pencari kerja. Kesan pertama saat wawancara akan sangat berpengaruh pada penilaian sebuah perusahaan tentang siapa dan seperti apa kita sebenarnya. Perusahaan harus memastikan bahwa pilihannya benar-benar tepat melalui proses yang sering kita kenal dengan istilah Wawancara Kerja ini.

5 Tips Sukses Saat Wawancara kerja

Berikut ini kita bagikan 5 Tips Sukses saat wawancara kerja supaya kamu bisa tampil lebih percaya diri saat menghadapinya.


  • Pastikan dirimu untuk tetap tenang

Yang sulit biasanya adalah memastikan diri kita untuk tetap tenang dalam menghadapi hal yang terasa asing. Tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan, untuk tetap tenang kita hanya perlu meyakinkan diri kita sendiri bahwa kita adalah orang yang siap tempur menghadapi apapun. Kuasai semua hal yang mungkin akan kita temukan di depan sana. Dalam hal ini contohnya kuasai beberapa hal yang mungkin akan diperlukan jika kita nanti diterima bekerja di perusahaan tersebut. Kepercayaan diri akan meningkat saat kita memiliki kemampuan yang cukup. Tapi berusahalah untuk tetap rendah hati sekalipun prestasi kamu terbilang cukup banyak. Ketenangan akan membawa hasil yang baik dalam setiap prosesnya.


  • Jadi diri sendiri dan tetap Jujur

Setiap pencari kerja sudah barang tentu selalu ingin tampil maksimal dan berambisi jadi kandidat terpilih, namun dalam prosesnya demi mengejar itu semua akhirnya banyak yang habis-habisan tampil sebagai orang baru yang dalam anggapan mereka dengan begitu mereka akan dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. Meski menjadi pribadi yang baru bukan sebuah kesalahan, tapi jika itu membuat kita lupa siapa dan seperti apa diri kita yang sebenarnya itu akan menjadi awal yang kurang baik pula. Tetap menjadi diri sendiri adalah satu-satunya jalan terbaik. Dengan menjadi diri sendiri kita akan lebih mengenali seperti apa kemampuan kita. Kemudian jadilah lebih jujur dengan segalanya, mulailah berfikiran terbuka. Saat menghadapi sesi wawancara, kejujuran kita dalam menjawab setiap pertanyaan akan memberikan efek yang baik bagi perjalanan ke depannya. Sekalipun nanti hasilnya tidak sesuai dengan harapan, paling tidak itu semua akan menjadi pelajaran dan menjadi bahan untuk wawancara kerja selanjutnya. Sikap percaya pada kemampuan diri sendiri dan tetap jujur adalah bekal terbaik menghadapi dunia kerja.


  • Pahami Apa, Bagaimana dan Siapa Perusahaan itu sebenarnya

Pastikan kamu sudah tahu semua hal tentang perusahaan yang menjadi incaran kamu. Mulai dari hal umum hingga apa saja yang perusahaan itu butuhkan dari kamu jika ternyata kamu yang terpilih. Jangan sampai tahap wawancara menjadi nilai minus terbesar bagi kamu hanya karena kamu tidak tahu apa yang harus kamu kerjakan jika diterima bekerja di sana. Buatlah perusahaan tersebut yakin kalua kamu adalah calon karyawan terbaik yang sudah tahu betul apa yang harus dia lakukan untuk kemajuan perusahaan. Percayalah usaha kamu mempelajari sedikit saja tentang perusahaan yang menjadi incaranmu akan sangat berguna untuk masa depan karirmu.


  • Perhatikan Sikap dan Gestur Tubuh Saat berhadapan dengan pewawancara

Banyak sekali hal yang pihak perusahaan (sebagai pewawancara) perhatikan dalam tahap wawancara kerja ini. Mungkin sekilas hanya akan terlihat seperti formalitas saja, padahal semua proses memang diatur sedemikian rupa. Hasil wawancara bisa sangat menentukan nasib seseorang. Sekalipun nilai test yang lain tidak terlalu tinggi, tapi kesan pertama yang didapatkan saat wawancara akan menjadi nilai penting dalam proses ini. Perhatikan cara kamu bersikap, jangan pernah memberi gestur seolah-olah kamu seorang yang putus asa dan sedang berusaha mencari kerja. Perusahaan tidak senang dengan orang-orang semacam itu. Mulailah dengan memberi jabat tangan yang tegas namun santun. Sikap kamu saat berjabat tangan akan menjadi penilaian awal, mulailah mempelajari bagaimana cara berjabat tangan yang baik. Kemudian cara duduk, gerakan tangan hingga pandangan mata. Semuanya memiliki point penting masing-masing yang bisa berpengaruh pada hasil wawancara.


  • Pastikan Kamu memahami Setiap Pertanyaan Sebelum menjawabnya

Ini juga penting untuk sukses wawancara kerja, alangkah baiknya jika kamu memahami setiap pertanyaan yang diberikan oleh perusahaan saat wawancara. Sebab ketika kita menguasai betul apa yang menjadi pokok pertanyaannya, jawaban akan mengalir begitu saja. Jangan asal menjawab, perusahaan akan menilai kualitas kata per kata dari jawaban yang kita berikan. Setiap pertanyaan biasanya mengandung bobot nilai yang berbeda. Dan itu akan sangat mempengaruhi penilaian. Namun jika setiap pertanyaan kita pahami dengan benar, maka kemungkinan besar kamu akan lebih diuntungkan. Bacalah referensi atau kumpulan pertanyaan-pertanyaan yang biasa dilemparkan saat wawancara kerja. Dengan begitu sedikit banyaknya kamu akan tahu apa saja kira-kira yang akan muncul saat sesi wawancara kerja tersebut.

Jadi sudah siapkah kamu untuk Sukses wawancara kerja berikutnya? Siapkan diri lebih baik dari wawancara – wawancara sebelumnya. Pelajari kesalahan dasar yang kamu tahu di wawancara sebelumnya. Perbaiki semua kekurangan, tingkatkan percaya diri dan siapkan skill kerja supaya kita bisa bersaing di dunia kerja hari ini.

Leave a Comment